Produk Organik

Produk organik adalah produk yang bebas dari kandungan Bahan-bahan Kimia buatan Pabrik, dari segi kesehatan Produk organic sangat baik untuk kesehatan. Produk organic akan kita dapatkan apabila kita melakukan budidaya tanaman secara Organik, artinya kita menggunakan pupuk yang berasal dari alam dan tidak menggunakan Pestisida Kimia dari Pabrik, karna bahan-bahan kimia tersebut sangat buruk akibatnya bagi kesehatan.

Pertanian organik adalah sebuah cara budidaya tanaman yang dilakukan menggunakan unsure-unsur alamiyah, baik itu Benih, Pupuk, maupun Pengendalian Hama yang dilakukan juga secara alami  maksudnya tidak menggunakan  bahan-bahan yang mengandung  kimia. Pertanian organic adalah bertani dengan cara murah,mudah dan ramah Lingkungan, selin itu dengan berorganik kita menciptakan keseimbangan alam dan melestarikan alam.

Wardono- Pemandu SLPO BTU

Setelah mengikuti kegiatan SLPO ini saya sekarang merasa banyak sekali yang saya peroleh, banyak sekali pemandu memberikan pengertian kepada saya saya baru tahu ternyata pertanian organic sangat mudah dan sebetulnya tidak sulit, karna semua bahannya ada disekitar kita. Tadinya waktu pemandu mengatakan bahwa air leri sangat bermanfaat saya kurang percaya tapi setelah saya coba ternyata hasilnya bagus sekali.

Sekarang saya bersama istri saya mulai mengumpulkan air leri setiap kali masak untuk saya buat bahan MOL, untuk keperluan pada musim yang akan datang, agar modal tani saya tidak terlalu banyak.

Tentang SRI ternyata SRI sangat bagus sekali hasilnya, meskipun tanam satu-satu tetapi anaknya bisa lebih banyak dari tanam biasa.

SOMIRIN-Peserta SLPO BTU

Waktu itu dipertemuan SL semua diajak praktek membuat MOL oleh Pemandu, saya ingat waktu itu bahan-bahanya ada Air Kencing, Buah-buahan, Gula merah dan Air kelapa serta dedaunan, katanya dipermentasikan, setelah pertemuan itu saya membuktikan sendiri saya mengunpulkan air kencing lalu saya masukkan botol Aqua setelah beberapa hari saya gunakan ternyata hasilnya memang sangat Bagus.

Sekarang membuat Fermentasi air kencing campur Keong,. Belum saya buka karna masih bau sekali.

Mukadi – Peserta SLPO BTU

 

Menurut saya dengan bertani secara organic kita selian akan lebih rendah biaya juga akan dapat memperbaiki keadaan tanah, apalagi kalau kita menggunakan MOL yang banyak saya kira pengaruhnya terhadap tanah dan tanaman juga akan sangat baik, saya merencanakan setelah panen nanti jerami saya akan saya manfaatkan untuk membuat Kompos sehingga pada musim rendengan nanti saya akan bisa menanam padi secara organic.

Saya sangat berharap pemerintah mendukung kegiatan seperti ini karna kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam pengelolaan lahan pertaniannya

PONARI-peserta SLPO

Penulis : Ngadiono

Random Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*